Laman

Tuesday, January 23, 2018

There Are So Many Fun Things To Do Out There, But You Must Choose


Judul di atas itu udah dipersingkat sih, harusnya itu “There are so many fun things to do out there, but as a human, you can’t focused on all of those things even if you want it, you must choose which one to focused on”.


Jadi ini semua berawal ketika Mistel ngeliat Instagram Story-nya temen sekelas Mistel. Dia ngeshare quote dari buku yang lagi dia baca gitu, kalo gak salah judul bukunya tentang menemukan fokusmu atau apa gitu lupa. Inti quote-nya itu bahwa banyak sekali hal menyenangkan yang bisa kalian lakukan, tapi kalian harus memilih yang mana yang mau kalian fokusin.

Pertama baca, Mistel biasa aja, kayak ah iya mungkin gitu ya. Tapi makin kesini kok semakin kepikiran sama quote itu dan kayak sadar kalo itu tuh Mistel banget gitu setelah dipikir-pikir lagi. Dan mungkin bukan Mistel aja sih, barangkali kalian juga merasakan hal ini makanya sekarang Mistel mau bahas.

Sekarang ini kalo dipikir-pikir, banyak banget hal-hal yang pengen Mistel lakuin. Mulai dari hal-hal yang udah lama Mistel lakuin dan masih pengen Mistel lakuin, sampai hal-hal yang—relatif—baru pengen atau mulai Mistel lakuin dan Mistel tertarik untuk lakuin kayak:

        Nulis artikel di blog ini » yang udah lama banget Mistel tinggalin karena fokus kuliah beserta sepaket kegiatannya, dan sekarang mau mulai meramaikan lagi karena selama vakum nulis, banyak banget hal seru yang Mistel alami dan Mistel pikirkan untuk ditulis tapi gak sempat

        Nulis cerita fiksi » Termasuk ambisi terpendam Mistel buat nulis sebuah novel dari dulu; dan yang baru-baru ini Mistel lakuin kayak nulis fanfiction di wattpad (dulu kalo nulis ff suka ga selesai)

        Doing something with music » kalo dulu pas SMA selalu kebagian dubbing&backsound arranger di kelas buat drama musikal sekolah yang diadain tiap tahun, mainannya Adobe Audition; sama dari dulu suka mainin aplikasi piano buat nyari notes lagu, buat iseng aja; dan juga pengen banget belajar instrumen-instrumen musik tapi gak pernah ada jalan, akhirnya main sendiri pake aplikasi walk band di handphone tapi sebenernya sampe sekarang masih pengen belajar L Terus sekarang pengen coba cover lagu gara-gara liat cover-nya bang Ravan Axent, sama pengen bikin beatmaps di game osu! yang sebenernya udah dari dulu pengen Mistel lakuin tapi selalu gak sempat.

        Banyakin baca novel » dulu waktu SMA Mistel getol banget loh baca novel, bahkan sampe awal-awal kuliah masih suka, tapi entah kenapa makin kesini Mistel kayak susah buat terpaku sama novel, selalu teralihkan sama hal-hal lain. Dari yang tadinya seminggu bisa baca 2-3 novel, sekarang baca satu aja gak selesai-selesai, sedih :(

        Belajar bahasa Jepang otodidak » Mistel waktu SD udah suka nulis-nulis pake hiragana, meskipun masih sambil liat panduan. Mulai SMA, baru lebih serius belajarnya—ya gak serius juga sih sejak kapan Mistel bisa belajar serius—tapi lebih ke banyak kemajuan, meskipun belajarnya gak sengaja dari lagu-lagu terus kepo sama artinya, terus nontonin variety show sampe jadi paham sama percakapan dan guyonannya orang jepang, dsb. Sekarang Mistel lagi mencoba untuk belajar serius dengan panduan buku, karena Mistel lagi ngejar sesuatu.

        Fotografi » yang dulu seringnya cuma buat koleksi dan Mistel nikmatin sendiri, tapi sekarang karena ada “wadah” berkarya semacam Instagram, Mistel jadi suka ngepost foto disitu supaya banyak yang bisa ikut nikmatin keindahannya

        Bikin video content » yang awalnya “terpaksa” belajar pake Premiere Pro gara-gara tugas dokumentasi KKN sama Kunjungan Lapang berupa video, terus sekarang masih rencana pengen diperbaiki dan diupload di Youtube

Mistel tau, dari sekian banyak hal yang bikin Mistel tertarik itu, gak semuanya bisa Mistel kerjain dalam waktu bersamaan. Tapi Mistel dilema, antara mau ditinggalin atau diseriusin *lah kayak pacaran aja dah*. Dilemanya tuh gini, kalo misalnya hal yang Mistel tinggalin itu ternyata harusnya menjadi sesuatu yang baik buat Mistel, sementara yang Mistel pilih justru gak terlalu baik, Mistel harus apa? Karena diantara semua hal itu, semuanya bikin Mistel tertarik untuk lakuin dan pelajarin gitu, Mistel gak mau nyesel di kemudian hari :( Tapi ya mau gimana lagi, memang harus dipilih, daripada semuanya gak ada yang dikerjain.


Jadi, apakah temen-temen juga merasakan seperti ini? Saran sih, mending dipilih aja mana yang kira-kira lebih berfaedah dan bermanfaat buat masa depan, terus fokus aja di hal itu, pasti kalian bisa sukses. Sebenernya gak masalah sih apapun yang dipilih, seseorang itu bisa sukses dalam hal apapun asalkan dia fokus, jadi tetep semangat ya! :)

Tambahan lagi, mungkin terkadang orang itu memang harus fokus ngerjain suatu hal tanpa mempedulikan 'gagasan-gagasan lewat' yang tiba-tiba terlintas. Tapi gak menutup kemungkinan kadang kita malah justru harus nurutin yang 'kebetulan lewat' itu biar gak keburu basi. Misalnya dalam hal menulis, kalian bisa catet dulu poin-poin intinya di buku tulis kecil, atau apa gitu kalau memang kerjaan yang lagi kalian fokusin itu bener-bener gak bisa ditinggal.

Sebenernya bukan cuma dalam hal menulis aja sih, menurut Mistel pribadi, buku catatan kecil yang gampang dibawa kemana-mana itu penting banget. Udah gak kehitung deh berapa buku yang udah Mistel pake buat nyatet apapun yang terlintas di pikiran Mistel, soalnya bener-bener memantu banget. Terus ada handphone buat apa, kan lebih praktis? Ya bukannya gaptek atau apa, tapi rasanya nyatet di lembaran kertas yang 'nyata' itu menurut Mistel lebih ngena aja gitu feel-nya, terus Mistel bisa nulis di sebelah manapun Mistel mau. Catetan Mistel gak pernah rapi, pasti tulisannya belepotan di sana-sini soalnya pikirannya udah jalan jauh banget, kalo mesti ngetik pakai handphone pasti lama.

Begitulah teman-teman, mungkin segini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat, ciao~

No comments:

Post a Comment

Newer Post Home Older Post